*** TELAH DIBUKA INDEN ***

***4 Oktober s/d 31 Desember 2017 *** Sekolah Utsman "Qurani" Berprestasi

Rabu, 23 November 2011

"Outdoor Learning SDIT Utsman bin Affan"


Kelas I dan 4 ; "AYO KE MUSEUM"


Tak kalah dengan adik-adiknya yang di PG dan TK, siswa SDIT Utsman bin Affan Surabaya juga mengadakan kegiatan Outdoor learning (studi wisata) selama 2 (dua) hari yaitu hari Kamis-Jum'at, 17-18 November 2011.
Hari pertama siswa-siswi pergi ke lokasi, dan hari kedua mereka membuat laporan studi wisata secara kelompok. Wah...kok buat laporan, ya..meski kelas 1 mereka tetap harus membuat laporan sesuai dengan jenjangnya.

Studi Wisata untuk kelas 1 dan 4 adalah ke Museum Mpu Tantular yang ada di Sidoarjo. Dua beda jenjang ini memiliki target pembelajaran yang berbeda yaitu tema pengalaman yang menyenangkan untuk kelas 1, dan tema penginggalan budaya untuk kelas 4.

Siswa-siswi asyik dengan kunjungan mereka, kelas 1 menikmati studi wisata keliling-keliling museum melihat peninggalan sejarah yang unik-unik seperti pakaian adat, uang kuno, fosil, dll.

kemudian kelas 4 menikmati museum dengan mempelajari peninggalan budaya-budaya bangsa yang ada sejak zaman dahulu kala. Peninggalan nenek moyang kita menunjukkan peradaban yang tinggi bangsa kita.

KELAS 2 DAN 3 ; "SELAIN DAGING, SAPI JUGA MENGHASILKAN SUSU"

Selanjutnya, kelas 2 dan 3 melakukan studi wisata ke Peternakan Sapi. Sesuai dengan temanya yaitu mengenal makhluk hidup untuk kelas 2 dan tema hewan dan segala manfaatnya untuk kelas 3.

Sama dengan yang lain, hari pertama mereka menuju lokasi peternakan sapi perah untuk mengenal hewan sapi dan manfaat yang bisa diberikan oleh sapi. Hari kedua mereka membuat laporan sesuai dengan arahan dan bimbingan guru masing-masing.


Oleh karena itu mereka juga mencatat segala sesuatu sesuai dengan petunjuk dan arahan para guru. Yang menarik, siswa-siswi juga membawa susu hasil perahan mereka sendiri ke rumah sebagai oleh-oleh untuk keluarganya.

waaah...enaknya susu ini hasil perahan sendiri lho :-)